Halaman

Kamis, 12 Januari 2012

UAS 2011/2012

6 komentar:

  1. 1.Apa yang dapat anda jelaskan sehubungan dengan guidance cource. Adakah yang dapat anda jelaskan berkaitan dengan hasil penilaian tugas observasi kelompok anda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawab
      1. menurut M. Jumarin pelajaran bimbingan (guidance course) adalah suatu bentuk bimbingan di mana pembimbing memberikan layanan bimbingan belajar dengan jalan memasuki kelas atau kelompok dengan memberikan penjelasan, informasi, orientasi, yang ada kaitannya dengan belajar.

      kaitan pengertian di atas dengan hasil penilaian tugas observasi adalah dalam penilaian yang sudah diberikan oleh Bu Dina kami tidak hanya diberitahu nilai yang hanya berupa angka saja, tetapi di dalam penilaiannya Bu Dina juga mencantumkan review, di mana dalam review ini diberikan informasi-informasi mengenai kelemahan yang kelompok kami miliki dalam penulisan hasil laporan. Pembuatan laporan dari tugas observasi ini merupakan proses belajar, setelah hasil (nilai) dari tugas inikeluar Bu Dina melakukan diskusi dengan kelompok kami apakah nilainya sudah sesuai atau belum dengan usaha yang sudah kami lakukan, dalam proses diskusi ini ibu memberikan informasi-informasi dan penjelasan kepada kami yang berkaitan dengan proses belajar di mana sistematika penulisan kami kurang baik, ada beberapa poin penting yang tidak terlihat karena buruknya tata tulis kami. Informasi-informasi yang kami dapatkan baik dari review maupun dari diskusi menjadi bahan pelajaran bagi kami untuk kedepannya, agar tidak menyepelekan tata tulis, karena walaupun isi dari hasil laporan kami penting tapi tidak terlihat poin pentingnya karena tata tulis yang tidak baik.

      daftar pustaka
      Jumarin, M. (2002). Dasar-Dasar Konseling Lintas Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

      Hapus
    2. soal
      2. Lalu sekarang uraikan dengan detail ; saat diskusi dosen dengan kelompok anda, teori konseling manakah yang dapat digunakan untuk menjelaskan prosesnya? Berikan alasannya juga.

      jawaban
      2. teori konseling yang dapat digunakan untuk menjelaskan proses diskusi adalah counseling client-centered alasannya dalam proses diskusi mahasiswa berperan lebih aktif daripada dosen, dosennya hanya melakukan pengulangan dan penegasan dari pernyataan mahasiswanya. mahasiswanya dan jawaban yang diberikan mahasiswa berdasarkan pengalaman.Dalam diskusi dosen menanyakan bagaimana pengalaman mahasiswa dalam pengerjaan tugas obeservasi dan bagaimana hasil dari tugas tersebut, di sini dilakukan penekanan bagaimana pengalaman dari konseli selama pengerjaan tugas apakah nilai sudah sesuai dengan usaha yang kami lakukan.

      Hapus
    3. 3. Sekarang, anggaplah diri anda seorang konselor pendidikan tinggi. Lepaskan atribut anda sebagai anggota kelompok. Apakah yang anda lakukan pada kelompok anda? (gunakan minimal 2 pembahasan teori).

      Hapus
    4. jawaban
      3. yang saya lakukan adalah melakukan konseling kelompok. konseling kelompok menurut George M. Gazda adalah suatu proses antar pribadi yang dinamis, yang terpusat pada pemikiran perilaku yang disadari. proses itu mengandung ciri-ciri terapeutik seperti pengungkapan pikiran dan perasaan secara leluasa, orientasi pada kenyataan, pembukaan diri mengenai seluruh perasaan mendalam yang dialami, saling percaya, saling perhatian saling pengertian, dan saling mendukung.
      kenapa konseling kelompok, karena saya ingin mengetahui apa permasalahan yang dihadapi oleh kelompok dalam pengerjaan tugas sehingga nilai yang dicapai kurang maksimal harapan saya ketika melakukan konseling ini adalah agar masing-masing anggota mau mengemukakan perasaannya mengenai masalah yang dihadapi apakah masalahnya dikarenakan oleh teman sesama kelompok, ataupun kondisi lain di luar itu dan juga saya akan menanyakan apakah hasil yang mereka dapatkan sudah sesuai dengan usaha mereka. Sedangkan pendekatan yang saya lakukan dalam konseling ini adalah pendekatan client centered, di mana saya ingin setiap anggota memahami apa kekurangan dari kelompok mereka sehingga mereka bisa menemukan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi, agar ketika pengerjaan tugas selanjutnya mereka bisa lebih saling memahami.

      Hapus