Halaman

Minggu, 04 April 2010

tugas observasi kelompok v multiple intelligence

Alhamdulillah akhirnya bisa diupload juga filenya, bisa klik disini untuk laporan hasil observasi dalam bentuk rtf. Dan yang slide di klik disini. maaf atas ketelatan kami.

5 komentar:

  1. parah, udah puluhan kali upload ga berhasil juga

    BalasHapus
  2. (UAS)1. Husna, adakah teori paedagogi yang dapat menjelaskan alasan kamu memilih nuansa hitam pada blogmu ini? Coba uraikan

    BalasHapus
  3. jawaban UAS

    1.
    Alasan saya memilih warna hitam karena hitam merupakan warna yang netral dan jika di padankan dengan warna apa saja akan terlihat bagus dan hidup.

    Teori Brewster pertama kali dikemukakan pada tahun 1831. Teori ini menyederhanakan warna-warna yang ada di alam menjadi 4 kelompok warna, yaitu warna primer, sekunder, tersier, dan warna netral. Kelompok warna ini sering disusun dalam lingkaran warna brewster. Lingkaran warna brewster mampu menjelaskan teori kontras warna (komplementer), split komplementer, triad, dan tetrad.

    Warna netral merupakan hasil campuran ketiga warna dasar dalam proporsi 1:1:1. Warna ini sering muncul sebagai penyeimbang warna-warna kontras di alam. Biasanya hasil campuran yang tepat akan menuju hitam.


    Sama halnya jika dikaitkan dengan nilai tujuan pendidikan yang dikemukakan oleh UNESCO dalam buku Pengantar Paedagogik (Dasar-dasar Ilmu Mendidik) bahwa pendidikan harus mengandung tiga nilai yaitu:
    1. Otonomi yang berarti memberikan kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan kepada individu maupun kelompok, untuk dapat hidup mandiri, dan hidup bersama dalam kehidupan yang lebih baik.

    2. Keadilan (equity) yang berarti bahwa tujuan pendidikan tersebut harus memberi kesempatan kepada seluruh warga masyarakat untukdapat berpartisipasi dalam kehidupan berbudaya dan kehidupan ekonomi dengan memberinya pendidikan dasar yang sama.

    3. Survival, yang berarti bahwa dengan
    pendidikan akan menjamin pewarisan kebudayaan dari satu generasi ke generasi lain.

    Jika nilai-nilai dalam tujuan pendidikan ini dikomposisikan secara benar dan seimbang maka besar kemungkinan penididikan dapat dinikmati oleh setiap orang dari semua kalangan. Dan penidikan juga menjadi sesuatu yang netral dimana pendidikan tidak berpihak pada satu kalangan masyarakat saja, tapi pada seluruh lapisan masyarakat.

    BalasHapus
  4. (UAS) 2. Jawaban soal ini paling lambat saya tunggu hingga tanggal 13 Juni 2010. Menurut kamu, adakah teori paedagogi yang dapat menjelaskan alasan saya memperpanjang toleransi penyelesaian UAS no 2. ini? Coba uraikan.

    BalasHapus
  5. jawaban uas 2

    Menurut saya kenapa memperpanjang toleransi penyelesaian UAS sesuai dengan teori pembelajaran konstruktivis yang terdapat pada di halaman 145 buku Paradigma Baru Pembelajaran bahwa guru tidak dapat hanya sekedar memberikan pengetahuan kepada siswa tetapi siswa harus membangun sendiri pengetahuan dalam benaknya. Melalu teori ini saya menyimpulkan bahwa ibu dina sebagai dosen pengampuh menginginkan mahasiswanya untuk membangun sendiri pemahaman yang kami miliki tentang teori-teori yang ada, sehingga penambahan waktu pengerjaan soal diharapkan dapat membangun pemahaman yang lebih baik lagi mengenai teori-teori yang telah dipelajari untuk dikaitkan dengan kehidupan, bahwa segala teori yang ada dapat menjelaskan segala aspek dari kehidupan kita.

    Hal ini juga sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran kontruktivis “Memotivasi siswa bahwa belajar adalah tanggung jawab siswa itu sendiri”. Dalam hal ini mahasiswa bertanggung jawab untuk menyelesaikan soal UAS sebelum tanggal 13 Juni. Bahwa belajar merupakan sebuah tanggung jawab siswa bukan tanggung jawab dosen ataupun orang tua.

    BalasHapus